Tugas
Individu
M.K : Multimedia
Pembelajaran
RESENSI
BUKU
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
OLEH
SAMSUL
RIJAL
102514027
S1
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2013
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
I.
IDENTITAS
BUKU
1.
Judul
buku : Teknologi pembelajaran
2.
Penulis
buku : Dr. Deni Darmawan, S.Pd.,
M.Si
3.
Penerbit
: PT Remaja Rosdakarya
4.
Kota
terbit : Bandung
5.
Tahun
terbit : 2011
6.
Jumlah
halaman : 222
7.
Harga
buku : Rp. 40000
II.
ISI
BUKU
Buku ini mencoba
untuk mengajak para pembaca dalam memaknai kembali hakikat multimedia ditinjau
dari kondisi dan kebijakan pemerintah mengenai TIK dalam rangka membangun dunia
pendidikan.Penggunaan TIK dalam pembelajaran sudah wajib untuk di pertimbangkan
bagi guru, dalam buku ini memberikan tidak saja landasan teori tetapi juga
contoh-contoh aplikasinya, ini merupakan suatu informasi yang sangat berguna.
Dalam buku ini kita juga di ajak bagaiman membuat suatu program dari berbagai
macam model pembelajaran.
Buku ini khusus
ditujukan bagi para praktisi teknologi pembelajaran, mahasiswa, dosen dan
pihak-pihak lain yang berminat pada teknologi pembelajaran sebagai disiplin
ilmu dan berbagai aplikasinya.
download disini
download disini
Bab 1 Analisis Tren
Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)
Dalam bab ini
membahas bagaimana perkembangan, kebijakan, kedudukan, pemanfaatan serta
kendala-kendala maupun solusi yang berkaitan dengan TIK dalam pendidikan. Adapun ringkasanya sebagai
berikut: Kementerian Negara riset dan teknologi memberikan arahan sector-sektor
yang mana revolusi digital ( karena konvergensi telekomunikasi
komputasi-multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital)
menciptakan mesin-mesin yang menggantikan (atau) setidaknya meningkatkan
kemampuan “otak” manusia.
Penggunaan TIK
merupakan salah satu factor penting yang memungkinkan kecepatan tranformasi
ilmu pengetahuankepada peserta didik , generasi bangsa ini secara lebih luas.
Sehingga TIK beerfungsi untuk memperkecil kesenjangan penguasaan teknologi
mutakhir, khususnya dalam dunia pendidikan. Adapun kedudukan lain TIK dalam
dunia pendidikan yaitu:
1.
Mempermudah
kerja sama antara pakar dan mahasiswa, menghilngkan batasan ruang, jarak, dan
waktu.
2.
Sharing
information, sehingga hasil penelitian dapat digunakan bersama-sama dan mempercepat
pengemangan ilmu pengetahuan.
3.
Virtual
university, yaitu dapat menyediakan pendidikan yang dapat di akses orang
banyak.
E-learning sebagai
solusipermasalahan pendidikan di Indonesia, E-learning pada hakikatnya adlah
bentuk pembelajaran konvensional yang dituangkan dalam format digital dan
disajikan melalui teknologi informasi. Keunggulan-keunggulan e-learning yang
paling menonjol adalah efisiensinya dalam penggunaan ruang dan waktu.
Bab 2 Tinjauan Computer Mediated Communication (CMC)
Dalam Pembelajaran Multimedia.
Pada bab 2 membahas
pengunaan computer sebagai media baru dalam proses pembelajaran, adapun
ringkasannya sebagai berikut: Konsep computer mediated communication (CMC) ini
merupakan konsep baru dalam bidang komunikasi pembelajaran, khususnya dalam
konteks pembelajaran. Konsep ini muncul sebagai hasil dari proses difusi
inovasi dalam bidang teknologi komunikasi, terutama mengenai komunikasi melalui
media baru. Jadi dapat ditarik benang merahnya bahwa yang dimaksud CMC adalah
aplikasi hasil difusi inovasi teknologi komunikasi berupa computer yang
dijadikan media dlam proses komunikasi.
Bab 3 Hahikat
Multimedia Pembelajaran
Dalam bab ini membahas
berbagai pemaknaan tentang multimedia serta analisis dan prosedur dari
pembelejaran berbasis computer. Ringkasnya seperti berikut: Dalam konteks
pembelajaran multimedia telah mampu memberikan berbagai cicri- dan prinsip
sehingga sebuah pembelajaran dikatakan menggunakan multimedia, jika di dalamnya
memiliki karakteristik sebagai berikut:
·
Content
representation
·
Full
color and high resolution
·
Melalui
media elektronik
·
Tipe-tipe
pembelajaran yang bervariasi
·
Respon
pembelajaran dan penguatan
·
Mengembangkan
prinsip self evaluation
·
Dapat
digunakan secara klasikal atau individual
Prosedur teknis
pengembangan yaitu:
1.
Analisis
kebutuhan
2.
Indentifikasi
materi
3.
Menentukan
model pembelajaran
4.
Desain
flow chart
5.
Penulisan
story board
6.
Pengumpulan
bahan grafis
7.
Pengumpulan
bahan animasi
8.
Pemrogaman
9.
Finishing,
mastering
10.
Uji
coba
11.
Revisi
produk akhir.
Bab 4 teknik
penulisan skrip
Dalam bab ini
membahas bagaimana pembaca bisa memahami konsep dan karakteristik skrip dalam
pembelajaran berbasis computer. Ringkasannya dlam bab ini sebagai berikut: skrip
adalah sejumlah naskah perencanaan produksi program yang harus di siapkan oleh perancang pembelajaran berbasis computer
yang mencakup analisis kebutuhan program, hasil telaah konten Pembelajaran,
Flow chart, story board, dan penetapan software pembangun model pembelajaran
berbasis computer yang di maksud.
Krakteristik dari skrip
tersebut yaitu:
1.
Informasi
baru
2.
Bersifat
konsep
3.
Luas
dan dalam .
4.
Memerlukan
control dan mastery learning
5.
Berhubungan
antara bagian pokok meteri yang satu dan yang lain
6.
Memungkinkan
dipelajari secara berulang
7.
Memiliki
pola berfikir dan arah pembelajaran bercabang(branching)
8.
Membutuhkan
control waktu dalam setiap segmen materi
atau mastery learning secara kesuluruhan
9.
Menekankan
pada pengoptimalan pencapaian aspek
kognitif.
Bab 5 mengembangkan flow chart
Dalam bab ini mengajak kita untuk mengenal
dasar-dasar flow chart untuk lebih jelasnya berikut ringkasannya:istilah flow
chart lebih di kenal dengan istilah prosedur pembelajaran,
Dalam pembahasan ini
menjelaskan apa itu story board, fungsinya berikut ringkasannya: story board
merupakan penjabaran dari alur pembelajaran yang sudah di desain (flow chart)
yang berisi iinformasi pembelajran dan prosedur serta petunjuk pembelajaran.
Fungsi story board yaitu:
1.
Sebagai
media yang memebrikan penjelasan secara lengkap apa yang ada pada setiap alur
di dalam flow chart
2.
Sebagai
pedoman bagi programmer dan animator dalam merealisasikan rencana program ke
dalam bentuk bahasa program dan animasi
3.
Sebagai
pedoman bagi pengisi surara(narator) dan teknisi rekaman dalam merekam suara
untuk kebutuhan naskah
4.
Sebagai
dokumen tertulis. Apabila ada pihak yang menginginkan data tertulis (naskah)
dari program yang sudah dibuat.
5.
Sebagai
bahan dalam pembuatan manual book.
Adupun beberapa
istilah dalam story board yaitu:
·
MOUSE
OVER
·
DRAG
·
DROP
NAD DRAG
·
ENTER
·
INPUT
TEX
·
ALERT
·
TOOLTIP
·
SCROLL
·
RADIO
BUTTON
·
PASSWORD
·
HYPERLINK
·
NEXT
·
BACK
·
EXIT
·
BACKSOUND
MUSIC
Bab 7 dan seterusnya
hingga bab 11 membahas bagaimana membuat suatu model pembelajaran dengan sebuah
program. Berikut beberapa model pembelajaran yang di buat yaiut:
1.
Model
drills (bab 7)
2.
Model
simulasi (bab 8)
3.
Model
Tutorial (bab 9)
4.
Model
Tutorial dengan Microsoft powerpoint dan audacity (bab 10)
5.
Model
Games (bab 11)
Bab 12 Bonus: bagaiman menginstal XAMPP
Pada bab ini dalah sebuah bonus dari buku ini
yang menjalaskan bagaiman cara menginstal sebuah apliksai XAMPP pada computer.
·
Kelebihan
:
1.
Pada
setiap BAB terdapat sebuah kompetensi yang dharapkan bias tercapai,
2.
Pada
akhir setiap terdapat sebuah refleksi,
3.
Dilengkapi
CD program dan tutorial
·
Kekurangan
:
1.
Perlu
menambahkan glossary karena banyak istilah, singkatan baru yang dapat
membingunkan pembaca
III.
KESIMPULAN
buku ini bagus untuk
di baca karena disamping memperoleh pengetahuan tetapi juga memberikan
pemahaman mendalam tentang bagaimana berkreasi dengan TIK dalam praktik media
pembelajaran sesuai dengan tuntutan pembelajaran di abad 21.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar